Blogroll

Rabu, 05 Oktober 2011

Listrik Piezo

LISTRIK PIEZO

Piezoelektrik adalah muatan yang terakumulasi dalam bahan padat tertentu (terutama kristal, keramik tertentu, dan materi biologis seperti tulang, DNA dan berbagai protein) dalam respon terhadap stres mekanik diterapkan. Piezoelektrik berarti listrik yang dihasilkan dari tekanan. Hal ini berasal dari bahasa Yunani yaitu piezein atau piezo, yang berarti untuk memeras atau tekan, dan listrik atau elektron , yang merupakan singkatan dari kuning, sumber kuno muatan listrik Piezoelektrik. Adalah akibat langsung dari efek piezoelektrik.

Efek piezoelektrik dipahami sebagai interaksi elektromekanik linier antara mekanik dan listrik negara dalam material kristalin dengan tidak simetri inversi. Efek piezoelektrik adalah proses reversibel dalam bahwa bahan-bahan menunjukkan efek piezoelektrik langsung (generasi internal muatan listrik dihasilkan dari kekuatan mekanik diterapkan) juga menunjukkan efek piezoelektrik terbalik (generasi internal strain mekanik yang dihasilkan dari medan listrik diterapkan). Misalnya, kristal timbal zirkonat titanat akan menghasilkan piezoelektrik terukur ketika struktur statis mereka adalah cacat oleh sekitar 0,1% dari dimensi awal. Sebaliknya, mereka akan mengubah kristal yang sama sekitar 0,1% dari dimensi statis mereka ketika sebuah medan listrik eksternal diterapkan pada materi.

Piezoelektrik ini ditemukan dalam aplikasi yang berguna seperti produksi dan deteksi suara, generasi tegangan tinggi, generasi frekuensi elektronik, microbalances, dan ultrafine fokus majelis optik. Ini juga merupakan dasar dari sejumlah teknik instrumen ilmiah dengan resolusi atom, microscopies probe scanning seperti STM, AFM, MTA, SNOM, dll, dan dalam penggunaan sehari-hari seperti bertindak sebagai sumber pengapian untuk pemantik rokok dan propana barbecue.

Wahyu Dichkrilah .F

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 Sedikit Berbagi ILMU.

Designed by Templateify & Sponsored By Twigplay